NEWS
DETAILS
Kamis, 27 Aug 2015 19:53 - Jogja Pitung Club

Perencanaan pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di wilayah Gunungkidul mengalami banyak perubahan dari rencana awal.

Selain perubahan desain, pelaksanaan pembangunan jalan yang menghubungkan kota-kota besar di sisi selatan pulau Jawa tersebut juga mengalami perubahan jalur.

Perubahan desain terjadi di kawasan perbatasan antara kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Awalnya untuk menghubungkan kedua kabupaten, pemerintah berencana untuk membuat sebuah terowongan.

Hanya saja, rencana tersebut diganti karena karena kondisi geografisnya tidak memungkinkan. Selain rawan gempa bumi, kawasannya yang berbukit-bukit juga menyulitkan untuk membuat terowongan.

Akhirnya, rencana untuk membuat terowongan tersebut diganti dengan wacana membuat jembatan layang yang menghubungkan bukit-bukit mirip yang ada di Padang.

“Kondisinya disesuaikan dengan tingkat keamanan. Terowongan yang direncanakan tidak jadi dibuat, sebagai gantinya juga belum ada solusi pasti,” kata Eddy kepada wartawan

Sementara untuk perubahan desain, menurut Eddy hal itu dilakukan karena desain awalnya melalui jalur wisata. Setelah dikaji lebih dalam, rencana tersebut diganti dengan mengalihkan jalurnya di luar jalur wisata.

“Kita mengusulkan jalur yang dilewati JJLS melalui Jepitu menuju Planjan, dan tidak lewat jalur wisata. Hal tersebut dilakukan agar tidak menggangu aktivitas pariwisata yang ada,” ucapnya.

Saat ini menurut Eddy proses pembangunan JJLS terus dilaksanakan. Pembangunan fisik masih berlangsung di wilayah Girisekar hingga Girimulyo panggang.

Selain itu pemerintah daerah juga masih melakukan proses pembebasan lahan dengan menganggarkan dana sebesar Rp 15 milyar.

Sementara untuk di kawasan timur Gunungkidul, menurut Eddy saat ini sudah mulai dilakukan penyusunan perencanaan.

Pemerintah berencana untuk melakukan pembebasan lahan mulai dari wilayah Duwet Rongkop hingga Jerukwudel Girisuboo dengan anggaran sebesar Rp 18 milyar

sumber

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK