NEWS
DETAILS
Jumat, 24 Apr 2015 10:57 - Jogja Pitung Club

Bandung akan menjadi tempat acara puncak perhelatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60. Rencananya 4.510 personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya konferensi berskala internasional yang bakal dipusatkan di Gedung Merdeka, Bandung pada Jumat 24 April mendatang itu.

Untuk mengecek kesiapan anggotanya, Kapolda Jabar mengumpulkan ribuan anggotanya di lapangan Gasibu Bandung, jelang pelaksanaan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60.

"Kami di sini berkumpul untuk melakukan gelar pasukan persiapan KAA yang ke-60. Saya ingin mengecek langsung kesiapan personel semua yang ada," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Iriawan, Selasa (14/4).

Dia menginginkan agar citra Bandung dapat terangkat dengan acara ini. Jenderal bintang dua berharap anggota bersiaga dan bekerja keras mewujudkan keamanan di Bandung sepanjang acara KAA digelar.

Namun rupanya beberapa hal membuat kapolda yang kerap dipanggil Iwan Bule ini berang. Tak pelak dalam apel tersebut, Iwan Bule tak segan menindak bawahannya yang dianggap lalai dan melanggar aturan. Berikut adalah tindakan tegas Kapolda Jabar kepada bawahannya terkait pelaksanaan KAA

Kapolda Jabar Irjen Pol Mochamad Iriawan mengumpulkan ribuan anggotanya di Lapang Gasibu Bandung. Jenderal bintang dua itu ingin memastikan semua kesiapan personelnya, jelang pelaksanaan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60.

Ada 4.510 personel dikerahkan untuk mengamankan jalannya konferensi berskala internasional yang bakal dipusatkan di Gedung Merdeka, Bandung pada Jumat 24 April mendatang itu.

Iriawan didampingi sejumlah pejabat Polda Jabar mengecek satu demi satu kesiapan anggota berikut alat melekat pada anak buahnya. Dia juga melakukan sidak ke sejumlah kendaraan yang akan disiagakan untuk pengamanan nantinya.

Namun Iriawan agak sedikit berang ketika melihat ada dua anggota Satuan Sabhara yang dinilai lalai.

Anggota yang berdiam di mobil Satuan Sabhara kena tamparan Kapolda. Tamparan kepada dua anggotanya itu dinilai Kapolda lalai. Mobil tersebut terlihat kotor dan anggota dianggap malas membersihkan mobil.

Selain ditampar, dua anggota Sabhara juga disuruh push-up. Tampak dari foto, Kapolda Jabar Irjen Pol Mochammad Iriawan menunggui anggota yang tengah push-up. Tindakan tegas itu dilakukan setelah Iriawan menganggap kedua personelnya lalai dalam membersihkan mobil dinas.

Pengamanan KAA akan dilakukan petugas dengan menggunakan sistem pagar betis di sepanjang jalur yang akan dilintasi para anggota delegasi hingga di kawasan ring satu Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika Kota Bandung. Sebanyak 4.510 dikerahkan untuk pengamanan tersebut.

"Petugas keamanan merupakan sosok yang pertama dilihat, oleh karena itu harus rapi dan siaga," katanya.

Selain itu, Iriawan menegaskan agar para anggota menjaga kebersihan kendaraan operasional sehingga terawat dan bisa digunakan secara maksimal.

"Semuanya harus bersih, kendaraan operasional harus terawat dengan baik karena itu dibeli dari uang rakyat, harus dijaga," katanya.

Kapolda Jabar Irjen Pol Mochammad Iriawan meminta, kepada seluruh personelnya menyiapkan mental dan fisik yang tangguh dalam bertugas pada saat pengamanan KAA nanti. Meski cuma satu hari, tapi kredibilitas Bandung sebagai tuan rumah dipertaruhkan di mata dunia.

"109 negara hadir. 25 organisasi internasional dan delegasi, serta sejumlah tamu undangan. Pengamanan ini yang diandalkan adalah Polri. Di mana kita akan ada etalase terdepan. Semua akan ada polisinya. Kecuali ring satu. Saya meminta melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," tandas pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

Oleh karena itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Mochammad Iriawan memerintahkan jajarannya untuk mencukur rambut dan jenggot sebelum bertugas mengamankan peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60.

"Saya minta anggota untuk cukur rambut dengan patilan 3-2-1 sebelum bertugas pada peringatan ke-60 KAA, sehingga rapi dan siap," kata Iriawan di Lapangan Gasibu Kota Bandung, Selasa (14/4).

Menurutnya, seluruh personel pengamanan KAA tidak
hanya harus memperlihatkan kesiapan dalam mengamankan perhelatan internasional tersebut, tetapi juga harus memperlihatkan penampilan yang prima.

sumber

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK