NEWS
DETAILS
Rabu, 22 Apr 2015 16:01 - Jogja Pitung Club

Meski secara fisik ukuran sepeda motor lebih kecil ketimbang mobil, namun ternyata perkembangan teknologi motor sedikit ketinggalan. Salah satu penyebabnya adalah banyak fitur-fitur baru yang dibuat dengan ukuran besar, sehingga lebih mudah memasangnya pada mobil.

Namun ternyata, ada beberapa perusahaan sepeda motor yang terus berusaha mengimplementasikan teknologi mobil pada kendaraan beroda dua mereka, yang salah satunya adalah Honda.

Dilansir dari World Honda, Rabu 22 April 2015, salah satu motor yang kini sudah sama canggihnya seperti mobil keluaran terbaru adalah NC750X. Pertama kali diproduksi pada 2012 lalu, Honda merancang motor ini dengan konsep baru yang bertujuan untuk menambah kenyamanan pengendara.

Fitur utama yang dibanggakan Honda pada motor ini adalah sistem transmisinya yang mengadopsi model semi otomatis. Tidak seperti skuter matik yang menggunakan teknologi Continuous Variable Transmission atau CVT, motor berkapasitas mesin 745cc ini memakai model transmisi dua kopling, mirip dengan yang digunakan pada mobil-mobil sport.

Dengan model ini, pengendara bisa memilih apakah transmisi berfungsi secara otomatis atau manual. Pengaturan dapat dilakukan melalui tombol yang tersedia di setang sebelah kanan, dekat tuas gas.

Saat mesin dinyalakan, maka transmisi akan berpindah ke posisi netral. Pengendara dapat mengubah mode transmisi baik dalam kondisi berhenti maupun saat tengah melaju. Jika memilih mode manual, maka tombol di setang kiri yang ada di bagian depan dan belakang setang bisa digunakan untuk memindah gigi transmisi.

Alasan Honda menggunakan sistem ini karena respons mesin dapat lebih baik ketimbang model CVT. Penggunaan dua kopling memungkinkan tenaga mesin tidak turun saat perpindahan gigi.

Sekedar infromasi, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku pemegang merek motor Honda di Tanah Air beberapa hari lalu mendaftarkan NC750X ke Kementerian Perindustrian. Meski pihak AHM mengaku berencana mengimpor motor tersebut, namun mereka belum akan menjualnya ke masyarakat umum.


sumber

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK