NEWS
DETAILS
Selasa, 21 Apr 2015 15:34 - Jogja Pitung Club

YOGYA Kampung Code Utara RT 01 RW 01, Kota Baru, Gondokusuman, Yogyakarta, sekarang memiliki keunikan tersendiri.

Pasalnya hampir seluruh rumah warga yang ada di kawasan ini dicat dengan warna yang terlihat sangat cerah, seperti halnya perkampungan di Kickstarter, Rio de Janeiro, Brasil.

Kuning, merah, putih dan biru merupakan warna cat yang digunakan warga Code Utara untuk menghiasi rumah-rumahnya agar terlihat lebih indah bila dipandang dari kejauhan atau dari atas jembatan Gondolayu.

Pemberian satu konsep warna cat kepada perkampungan Code Utara, merupakan sebuah progam yang diberikan oleh sebuah perusahaan rokok yang sedang memperkenalkan prodak barunya.

Melihat ada suatu program dari sebuah perusahaan untuk mempercantik kampungnya, para warga dan ketua RW 01 Code Utara, Darsam (49), menyatakan kesenangannya akan diberinya warna baru untuk rumah-rumah di perkampungannya.

“Saya berharap setelah ada pemberian warna cat rumah baru di kampung kami, nantinya akan banyak wisatawan yang akan datang ke sini," ujar Darsam

Ia mengatakan, harapan lain yaitu kampung terlihat enak dilihat mata oleh wisatawan dari luar Yogya.

"Kalau tidak minimal ya, para wisatawan bisa melihat cantiknya kampung kami dari jembatan Gondolayu, itu pun gratis,”imbuhnya.

Ia menambahkan, selain rumah warganya dicat dengan warna yang cerah, nantinya akan ada tambahan pemberian beberapa lampu untuk mempercantik kampungnya, saat dilihat waktu malam hari.

Kawasan perkampungan Code Yogyakarta memang setipe dengan pemukiman di Brasil. Penduduk yang padat tanah yang terbatas memaksa penduduk hidup saling berhimpitan.

Disebutkan Riotimesonline.com, di daerah Kickstarter, Rio de Janeiro rumah dibangun dan diwarnai melalui proyek khusus sehingga tampak indah.

Dua orang seniman asal Belanda jadi satu diantara tonggak pemukiman yang enak dilihat setelah diwarnai dengan cara yang kreatif.

Mereka adalah, Haas & Hahn (Jeroen Koolhaas dan Dre Urhahn), kedunya seniman di balik proyek lukisan yang dimulai di daerah yang paling terpinggirkan disana.

Warna pada pemukiman itu membuat pemukiman yang semula tampak kumuh jadi lebih lebih 'segar' dipandang mata. Proyek keduanya tak hanya di Brasil bahkan sampai lingkungan termiskin Philadelphia.

Konsepnya, Haas & Hahn mengerjakan seni mural. Itu sudah dilakukan sejak 2006. Karya-karya mereka banyak disukai. Duo seniman itu pun diundang oleh beberapa negara untuk mencipta karya serupa.

Di antaranya, Kolumbia dan China. Philly Painting di Philadelphia, merupakan salah satu contoh karya mereka.

“Mural Arts Program Philadelphia meminta kami untuk menyulap ruko-ruko di daerah tersebut,” kata Hahn seperti dilansir laman ABC News.


sumber

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK