NEWS
DETAILS
Sabtu, 11 Apr 2015 12:02 - Jogja Pitung Club

Yogyakarta ; Pantai Wediombo berada di Kabupaten Gunung Kidul. Tepatnya terletak di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Posisinya ada di paling ujung timur setelah Pantai Siung. Kira – kira hampir memasuki perbatasan antara Provinsi D.I.Y dengan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa tengah. Sehingga perjalanan yang kami lalui cukup jauh. Jika dihitung jarak pantai sampai ke Kota Jogja kurang lebih 80 Km. Estimasi waktu perjalanan sekitar 2 jam berkendara. Sekitar pukul 11.00 kami telah sampai di area parkir Pantai Wediombo. Aroma khas laut sudah cukup terasa di tempat ini. Selain itu kita juga bisa melihat pemandangan pantai dari ketinggian.

Sejauh mata memandang, garis pantai dari ujung ke ujung terlihat begitu panjang. Mungkin inilah kemudian yang membuat pantai ini disebut dengan Wediombo. Dalam bahasa jawa memiliki makna Wedi = pasir dan Ombo = luas. Pantai pasir yang luas, sesuai dengan letak geografisnya yang landai dan berpasir putih bersatu dengan gugusan karang.

Kesan pertama saat menginjakkan kaki disini, saya cukup takjub dengan pesona keindahannya. Tempatnya teduh karena banyak pohon di sekitar pantai. Gradasi warna air biru laut dengan pasir putih berpadu dengan gugusan karang hitam mengkilat memanjakan mata. Ditambah lumut – lumut berwarna hijau yang hidup menempel di antara bebatuan.

Keelokannya tidak berhenti disini saja. Sebenarnya ada satu keunikan lagi yang mungkin tidak banyak di ketahui oleh orang – orang. Seorang teman menanyakan hal tersebut kepada tukang makanan keliling di sekitar tempat parkir, mereka menjawab tidak mengetahuinya. Saya sendiri awalnya juga tidak menyangka.

Tempat yang saya maksud adalah sebuah laguna. Dalam Wikipedia disebutkan bahwa laguna merupakan sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Beberapa orang menyebut tempat ini dengan istilah “Kolam Raja”. Laguna ini berada di batu karang yang letaknya paling ujung timur. Kita harus berjalan kaki menyusuri pantai atau bisa juga melewati sebuah jalan setapak menaiki bukit. Sangat pas untuk bersantai ria di tengah teriknya matahari.

Saat ombak datang, kolam ini akan terisi penuh dengan air. Sensasi deburan ombak menuju kolam inilah kemudian menjadi atraksi yang sangat luar biasa. Seperti muntahan air dalam ember yang ada di waterboom tapi kalo yang ini asli langsung dari alam. Kemudian air asin tersebut akan mengalir kembali menuju laut.

FYI, salah satu band punk melodic asal Jogja yang bernama Endank Soekamti juga pernah membuat video klip di tempat ini. Tampak keseruan dan kegilaan mereka bermain air di tempat ini. Judul lagunya adalah “Luar Biasa feat Kemal Palevi”. Tempatnya memang sangat asyik. Betah berlama – lama disini.  Jadi semacam private poll (saat itu tidak ada pengunjung selain kami.hehe). Seperti biasa berjemur, berenang dan bersenang – senang hingga tidak terasa kulit menjadi coklat eksotis.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK