NEWS
DETAILS
Jumat, 23 Jan 2015 13:27 - Jogja Pitung Club

Yogyakara-Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta berhasil menciptakan sebuah mobil listrik berbasis android. Tim yang berjuluk Ulil Albab Universitas Islam Indonesia ( UII ) ini menciptakan Mobil Listrik Android pertama di Indonesia bahkan dunia yang diberi nama “Mobil Listrik Kaliurang UNISI”sejak September 2013.

Berbeda dari mobil listrik karya mahasiswa yang sudah ada selama ini, mobil listrik Tim Ulil Albab dilengkapi dengan tablet android. Sedangkan perangkat Android disematkan ke kemudi mobil yang miliki fungsi untuk mengukur kecepatan, rem, navigasi GPS, baterai serta entertain kendaraan. Jika pada mobil listrik lain dipasang panel instrumen dan kendali yang kompleks, mobil listrik ini digantikan hanya dengan satu tablet android.

“Berbagai panel instrumen yang biasanya dipasang tentu lebih ribet dan menambah berat mobil. Belum lagi karena terlalu banyak justru merepotkan driver. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang kami buat sendiri, speedometer, accelerometer, battery indicator, RPM meter, stopwatch, odometer, hiburan, dan fungsi lainnya ada dalam 1 alat Tablet Android selain itu juga seperti wifi, bluetooth, sistem global untuk komunikasi mobile, internet browser, tv analog, map, video/voice call, mp3 player, radio bahkan games.

Tak hanya sebagai pusat kendali, tablet android yang digunakan juga menjadi pusat komunikasi dan entertainment. Khusus sebagai entertain kendaraan, perangkat Android bisa dijadikan kelengkapan aksesoris mobil listrik berupa TV analog.

Spesifikasi Mobil Listrik Kaliurang UNISI memiliki dimensi panjang rangka utama 1,9 meter, lebar 1,4 meter, lebar rangka utama 0,52 meter, dan tinggi 1,2 meter. Komponen penggerak tenaga dari baterai tipe GS-NS60 12 volt dengan arus 45Ah. Bobot mobil 140 kg.Sistem kemudinya sendiri rack and pinion yang dengan ukuran roda sepeda motor metik. Sistem penggerak gunakan dua buah motor BLDC @ 1kW dan penggerak roda belakang RWD gunakan differential elektronika.

sumber tribunnews

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK