NEWS
DETAILS
Senin, 10 Nov 2014 11:41 - Jogja Pitung Club

Dinas Perhubungan (Dis-hub) Kota Jogja menempatkan rambu pendahulu penunjuk jurusan (RPPJ) mini di sudut-sudut Kota Jogja. RPPJ mini ini berisi penunjuk arah objek wisata dan budaya yang ada di Kota Jogja.

Kepala Seksi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Kota Jogja Windharto me-ngatakan, pengadaan RPPJ mini tersebut untuk memberikan panduan arah bagi wisatawan di Kota Jogja, sekaligus sebagai ikon wisata baru.

“Selama ini, banyak wisatawan, yang kalau bingung arah ke objek wisata, selalu tanya ke masyarakat. Nah dengan keberadaan RPPJ mini ini diharapkan dapat mem-bantu menunjukkan jalan ke objek wisata yang dituju tanpa harus ber-tanya lagi,” ujar Windharto, kemarin (4/11).

RPPJ mini tersebut diletakkan di hampir semua simpang jalan stretegis di Kota Jogja, seperti di Malioboro, Titik Nol, Kotagede dan pintu masuk Kota Jogja.

“RPPJ mini sebagai petunjuk ke tempat-tempat wisata, sehingga bisa memudahkan wisatawan, ter-utama para pejalan kaki, karena rambunya juga tidak gede,” tandas-nya.

Pada papan RPPJ mini tersebut, antara lain tertulis nama lokasi dan jarak menuju objek wisata tersebut. Pada papan tersebut ter-dapat penunjuk arah berwana cokelat dan hijau. Yang warna cokelat untuk menunjukkan lokasi-lokasi wisata dan budaya. Sedangkan yang berwarna hijau untuk penunjuk jurusan biasa.

“Pada papan juga ada perkiraan jarak tempuh ke objek wisata,” katanya. Pengadaan RPPJ mini yang ben-tuknya hampir sama dengan petunjuk arah di luar negeri ini, bersumber dari APBD Kota Jogja. Dishub Ko-ta Jogja masih menargetkan penam-bahan pemasangan RPPJ mini di beberapa ruas jalan lainnya. “Tahun depan masih akan ditambah lagi,” pungkasnya.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK