NEWS
DETAILS
Senin, 11 Nov 2013 00:00 - Jogja Pitung Club

 Kalau menjabarkan Ullen Sentalu dengan 2 kata, mungkin saya akan bilang : History and Mistery 

Museum Seni dan Budaya yg lokasinya di Kaliurang Yogyakarta ini memang sengaja dibangun untuk menceritakan sejarah Kratan Yogyakarta dan Surakarta (Solo). Punya pemerintah?. bukan,tempat tersebut merupakan milik pribadi alias swasta. Yang mendapat dukungan dan persetujuan dari Keraton Yogyakarta dan Solo. Museum ini menurut aku adalah tempat ter-asik dan ter-keren untuk tau sejarah Keraton. Trus misterinya apa?


Misterinya sudah terasa  diawal pintu dibuka dan kita dipersilahkan masuk oleh tour guide. Tapi sebelum masuk foto-foto dulu .. soalnya kalo didalem gak boleh foto-foto.

Begitu pintu dibuka, kita disambut suasana hutan dan tangga batu-batuan, lalu kita turun masuk ke lorong yang sengaja dibuat menyerupai Guwo Selo Giri (Gua Selo Giri). Jauh dari kesan horor, apalagi kalo rame-rame. Baru deh kita sampe keruangan yang penuh gamelan dan lukisan-lukisan raksasa para Puteri Keraton. Aduh cantik-cantik mak.. aura-nya ningrat... 

 Setelah dijelaskan beberapa hal sama tour guide, kita menyusuri lorong lagi. Dijelaskan lagi silsilah keluarga Keraton, trus meelewati lagi lukisan-lukisan besar yang bagus. Ada lukisan Putri Keraton yang berkuda, keluarga Keraton, ada juga lukisan 3 dimensi, jadi ada lukisan salah satu Putri Keraton lagi duduk di depan meja rias, nah kita liatin aja mata-nya.. katanya kemanapun kita jalan, matanya akan terus ngikutin kita... hedew canggih ya..

Nah di Ullen Sentalu ini, antara ruang satu dan ruang lain itu kita akan melewati ruang terbuka. Jadi WAJIB bawa PAYUNG yaa.. ini udah disebutkan juga di websitenya.. Dan pas benerrr kita kesana ujan dong! Tp karena masing rintik2 jadi kita terusin aja ke ruang batik Yogya, batik Solo, trus ada satu ruang yang khusus dibuat untuk Gusti Nurul. Salah satu Putri Kraton yang cantiiiik banget, saking cantiknya sampe ditaksir Presiden Soekarno jaman itu. Tapi ktnya ditolak dengan halus (katanya lho ya, aku ga tau sehalus apa, hehe) Di ruangan itu ada patung waktu dia masih anak-anak, waktu dia gadis, dan sudah berumur.. Ya jadi seruangan itu kaya menceritakan Gusti Nurul dari masa ke masa.

Nah selama kita menyusuri ruangan demi ruangan itu kita dilarang memotret, baru setelah kita tiba di ruangan istirahat dan disuguhin minuman Jamu "Ratu Mas Drank" (semacam wedang jahe, yang katanya diminum keluarga Keraton untuk obat awet muda), baru deh boleh foto-foto.

Yang paling berkesan mungkin diruangan terakhir sih.. Jadi ada patung penari gitu.. trus ada lukisannya.. Ada tarian yang harus dilakukan oleh 9 orang gadis yang masih perawan dan saat itu sedang tidak datang bulan. Yang menarik adalah, waktu tarian itu sedang berlangsung biasanya penari ke-10 akan datang ditengah-tengah mereka.. yang tak lain dan tak bukan adalah.. Nyai Ratu Roro Kidul. Hyuk mareee.. hahaha.. Jadi lukisan Sang Nyai samar-samar gitu diatas. Hoaaah.. aku merinding disko.. 


Jadi kesimpulannya.. walau sempet keujanan dan bengong diruang istirahat.. Ullen Sentalu is a MUST VISIT Museum. Well at least once.. Kalau untuk re-visit kayanya aku ngga sih, jadi cukup tau sekali... sangat terpesona katanya :D dan memang gak cuma untuk tujuan wisata tapi juga edukasi.

Karena lokasinya di daerah kaliurang (sekitar 1,5 jam dari tgh kota Yogya) jadi pake baju agak tebel aja.

Total waktu tour adalah 50 menit. Satu grup biasanya sekitar 20 orang akan ditemani oleh 1 guide. Tiket masuk sebesar Rp. 25.000,-/orang. Keluar dari museum kita langsung lunch di Beukenhof. Restoran yang masih jadi bagian dari Ullen Sentalu ini interior-nya serba Belanda jaman dulu yang menyajikan makanan ala western.

RELATED
NEWS
UPCOMING
EVENTS
TOP 5 NEWS
TWITTER
FACEBOOK